Dart : Collection

Pengantar Singkat Tentang Fungsi Dan Metode

Dalam Artikel kali ini kita akan membahas sebagai pengantar fungsi dan metode pada bahasa pemrograman dart

Function

Dalam pemrograman komputer, fungsi atau metode adalah sekumpulan kode yang melakukan tugas tertentu. Blok kode diberi nama, seperti variabel. Fungsi ini dipanggil menggunakan nama yang dimana nama ini setiap kali melakukan tugas tertentu tinggal kita panggil nama fungsi tersebut jika dipergunakan. Pembuatan fungsi ini berfungsi agar para pembuat code tidak mengetik kembali logic yang sama pada programnya. Yang hanya kita lakukan hanyalah menaruh logic pada sebuah fungsi dan memanggil nama fungsi tersebut sesuai kebutuhan pemrogram.

Bagaimana Function Bekerja ?

Function pada pemrograman sama seperti halnya pada matematika, function (fungsi) didalam pemrograman mengambil input, yang dikenal sebagai argumen melakukan beberapa operasi pada inputan tersebut, dan kemudian mengembalikan output hasil yang dihasilkan.

ini sama sepertinya roda berjalan di pabrik dengan barang-barang yang masuk ke dalam mesin dari salah satu ujung roda mesin yang berjalan masuk dan keluar. Sepenuhnya dimodifikasi diujung lainnya. Namun karena mesin yang digunakan masih tetap sama sepanjang masa pakainya, mesin tersebut memodifikasi setiap item barang yang masuk dengan cara yang sama pula.

roda
gambar ilustrasi

Fungsi Di dalam Dart

fungsi / function terbagi menjadi 2 kategori :

  • Built-In Functions (Fungsi bawaan)
  • User-Defined Functions (Fungsi yang dibuat oleh pengguna)

Built-In Functions

sebutan untuk function yang sudah ada secara bawaan dari dalam bahasa pemrograman dart dan merupakan bagian dari library. Untuk menggunakan function ini adalah memanggil nama fungsi (function).

User-Defined Functions

function yang kita (sebagai programmer / coder) yang membuatnya sendiri. Jenis function inilah yang akan kita bahas pada pembahasan Defining a Functions.

Pada artikel kali ini kita akan mencontohkan metode fungsi built-in secara sederhana. tetapi ini sudah cukup untuk artikel kali ini

Example

pernyataan print yang telah kita bahas pada artikel bahasa pemrograman dart juga merupakan Built-in Functions.

void main(List<String> arguments) {
  var printSaya = 'Hello Saya Function';

  print(printSaya);
}

//Output
Hello Saya Function

Pada contoh kode di atas, pernyataan print melakukan tugas tertentu. printSaya adalah argumen yang kita berikan ke sebuah method dan Hello Saya Function output yang dihasilkan. jadi secara tidak langsung pada artikel bahasa pemrograman dart sebelumnya kita telah menggunakn fungsi selama ini. Meskipun print adalah sebuah method yang sangat sederhana yang hanya kita lakukan adalah memberikan argumen yang bisa dari jenis apa pun. Namun, sebagian besar method ini mengharuskan kita memanggilnya pada suatu objek.Misalnya saja objectName.method (argument) berarti bahwa method tersebut dipanggil pada objectName dan argumennya adalah parameter yang diteruskan ke method. Metode ini akan melakukan beberapa tindakan pada data yang disimpan di objectName.

Kebanyakan metode memungkinkan kita hanya meneruskan argumen dari tipe data tertentu. Mari kita buat contoh yang sederhana dengan menggunakan metode bawaan dart, indexOf untuk mendapat gambaran yang lebih simple tentang cara kerjanya. kita akan membuat sebuah method indexOf yang akan dipanggil pada sebuah string dan kita memberikannya satu argumen pada tipe string. Ini digunakan untuk menghitung indeks awal dari substring tertentu dalam sebuah string.

indeks adalah posisi sebuah object. Dalam dart selalu dimulai dengan 0

void main(List<String> arguments) {
  String s1 = "hello";

  print(s1.indexOf("ll"));
}

//Output

2

Dalam kode di atas, s1 adalah object yang kita panggil dengan metode indexOf dan ll (‘huruf L kecil ‘) adalah argumen yang kita masukkan ke dalam pernyataan print. Outputnya adalah 2 karena indeks awal ll terletak di indeks ke 2 dalam string “hello”.

Sumber

https://flutterbyexample.com/lesson/function-arguments-default-optional-named

https://www.duniailkom.com/tutorial-belajar-bahasa-pemrograman-java-untuk-pemula/

Default image
Herry Prasetyo
Today a reader Tomorrow a Leader

Leave a Reply