Dart : List Pada Pemrograman Dart

List adalah sebuah struktur data yang paling umum digunakan bahasa pemrograman dart. Dalam artikel kali ini kita akan mempelajari cara membuat List pada bahasa pemrograman dart.

Pengenalan

array adalah salah satu struktur data yang paling umum dan paling populer yang disediakan oleh bahasa pemrograman. namun dart tidak menyediakan array, namun sebaliknya dart memiliki list yang kurang lebih semua sama disediakan oleh array.

List jika pada bahasa pemrograman lain disebut array, jadi dalam pemrograman dart list itu merupakan kumpulan untuk menyimpan lebih dari satu nilai atau banyak nilai dalam variable. Artinya setiap elemen yang di dalam list memiliki posisi tetap, yang dimana saat kita gunakan list tersebut dengan mengakses objek menurut indeks-nya.

Membuat List

Ada beberapa cara untuk membuat list. dibawah ini adalah contoh yang paling umum digunakan :

Literal ( [] )

Cara menggunakan literal ini dengan memberikan tanda kurung siku.

format menggunakan literal :

BackgroundBF
format list literal

Kita akan mencoba membuat sebuah list sederhana untuk memahami materi kita kali ini, kita buat var sebagai contoh simpleList lalu kita beri value list dengan menggunakan bracket ( [] ) lalu diikuti dengan elemen yang kita masukkan ke dalam list. Dengan setiap elemen kita pisahkan dengan koma ( , ).

void main() {
  var simpleList = [1,2,3,4,5];

  print(simpleList);
}
//Output
[1, 2, 3, 4, 5]

Pada baris 2 dari potongan source code diatas, kita telah mendeklarasikan dan menginisialisasi list dengan 5 elemen. Sehingga ketika kita memberikan statement print maka list secara lengkap akan tampil berikut dengan tanda kurung sikunya.

Constructor ( () )

Selain cara Literal kita juga dapat menggunakan contructor ( () ), list constructor membuat object menggunakan sebuah keyword dengan diikuti dengan tanda kurung ().

gambaran umum untuk membuat list menggunakan constructor :

BackgroundBF 1
gambaran umum membuat list menggunakan constructor

ketika kita membuat sebuah list dengan aturan diatas dengan berakhir daftar kosong, maka output yang dihasilkan sebagai berikut :

listConstructor
ilustrasi code

jadi ketika kita menggunakan statement print dan terdapat list kosong (tanpa ada elemen), maka outputnya adalah [] (Hanya tanda siku yang akan tampil). contoh berikutnya kita akan membuat sebuah list dengan menggunakan elemen di dalamnya.

listConstructoreleme
list constructor dengan elemen

dengan potongan code diatas mula-mula membuat list secara literal dengan indeks permulaan angka 0, lalu kita beri value disetiap elemen. Dan memberikan jumlah statemen elemen yang ada di List(), lalu kita tampilkan dengan statemen print, maka yang dihasilkan adalah [Mangga, Jeruk, Pisang]

contoh berikutnya kita akan menambahkan list kosong lalu kita tambahkan dengan fungsi add() yang digunakan untuk menambahkan list agar terlihat dinamis.

listconstructordinamis
fungsi add()

Specifying the Type

materi di subbab ini kita akan menentukan jenis yang harus dimuat dalam list,

gambaran umum sintax:

BackgroundBF 2
gambar ilustrasi

kita akan membuat studi kasus dengan menggunakan contoh yang sudah ada dengan menggunakan var daftarBuah, disini kita pastikan bahwa daftarBuah hanya dapat menyimpan dengan tipe data String.

listspesifictype
gmabar ilustrasi

pada baris 4 dari potongan kode diatas, dengan menggunakan statement print compiler sedangan memerika apakah daftarBuah adalah List<String> dengan menggunakan operator is. Maka saat kita menjalankan program yang ditampilkan sebagai output adalah true.

Sumber

https://medium.com/flutter-community/useful-list-methods-in-dart-6e173cac803d

https://www.tutorialspoint.com/dart_programming/dart_programming_lists.htm

Default image
Herry Prasetyo
Today a reader Tomorrow a Leader
Articles: 20

Leave a Reply