Sekarang dapat Membuat Aplikasi Windows dengan Flutter

flutter untuk semua platform

Meskipun Flutter pertama kali diperkenal untuk mempermudah pembuatan aplikasi untuk iOS dan Android, namun sepertinya saat ini telah berkembang lebih luas lagi dengan selogannya “write once, run anywhere“. Kini pada update terbarunya Flutter dapat digunakan untuk membuat aplikasi Windows.

Saat peluncurannya, Flutter hanya mendukung pembuatan aplikasi untuk Android dan iOS, dengan fokus khusus pada perangkat mobile. Bertahun-tahun sejak saat itu, Flutter telah memperluas jangkauannya secara besar-besaran dengan dukungan untuk membuat aplikasi untuk web, embedded platforms, macOS, dan terakhir pada juli lalu yaitu Linux. Satu-satunya platform utama yang tersisa untuk Flutter yang pernah disinggung oleh Google sebelumnya, adalah Windows.

Dan akhirnya pada tanggal 23 September 2020, tim Flutter meluncurkan Flutter untuk Windows Alpha yang dapat membuat file .exe standar untuk dijalankan di PC sejauh Windows 7, hingga Windows 10. Menariknya lagi, sama seperti Flutter untuk platform lain, kita dapat menggunakan kode Dart yang sama persis untuk aplikasi Android / iOS seperti yang Anda lakukan untuk Windows dan setiap platform desktop lainnya.

membuat aplikasi Windows dengan Flutter

$ flutter channel dev
$ flutter upgrade
$ flutter config --enable-windows-desktop
  • Perintah pertama untuk menggunakan Flutter dari branch “dev” eksperimental (bukan versi “stabil“, yang merupakan versi default flutter). Dengan Ini kita dapat menggunakan dukungan platform yang masih dalam versi alpha, seperti Windows.
  • Perintah kedua untuk mengunduh update terbaru di channel tersebut.
  • Perintah ketiga memungkinkan pengembangan aplikasi Windows di PC.

Jika langkah diatas telah selesai maka setiap kali kita membuat aplikasi Flutter baru menggunakan Android Studio atau Visual Studio Code, atau dari terminal, maka akan terdapat subfolder baru bernama windows secara otomatis.

$ flutter create belajar_app_windows
membuat aplikasi windows dengan flutter 1

Namun untuk dapat menjalankan flutter tersebut, kita harus menginstall Visual Studio toolchain yang hanya terdapat pada aplikasi Visual Studio.

Launching lib\main.dart on Windows in debug mode...
Exception: Unable to find suitable Visual Studio toolchain. Please run `flutter doctor` for more details.
Exited (sigterm)

Download Visual Studio (1.3 MB) : https://visualstudio.microsoft.com/downloads/

Download dan install visual studio 2019, lalu pilih Desktop development with C++

desktop dev tool flutter
Desktop development with C++ (1.92 GB)

Setelah installasi selesai, baru kita dapat menjalankan flutter dengan IDE kesukaan anda.

$ flutter run

Dan berikut tampilan flutter setelah di jalankan

Membuat Aplikasi Windows dengan Flutter
Contoh Tampilan Flutter dengan Windows

Tidak ada bedanya dengan demo App flutter pada umumnya bukan ?

Untuk memamerkan potensi Flutter di Windows, Google telah menyertakan contoh aplikasi open source yaitu :

  1. Flokk
  2. Flutter gallery
flutter windows flokk demo

Plugins untuk Windows

Meskipun flutter untuk aplikasi windows baru di versi alpha, komunitas Flutter telah mengerjakan plugin untuk Windows. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • url_launcher
  • path_provider
  • shared_preferences
  • biometric_storage
  • flutter_audio_desktop

Sebagian besar dari plugin tersebut juga mendukung platform Flutter lainnya, yang memungkinkan kita menargetkan aplikasi untuk di Android, iOS, web, serta Windows. Namun tentu saja lebih banyak package yang belum support akan windows. Jika Anda ingin melihat daftar lengkap package apa saja yang dapat berjalan di Windows, silahkan kunjungi di pub.dev

Untuk saat ini, aplikasi Windows yang dibuat dengan Flutter didasarkan pada platform Win32 API klasik yang membuat aplikasi tersebut kompatibel dengan sebagian besar komputer Windows, tetapi tim tersebut berencana untuk mendukung platform UWP Microsoft yang lebih baru yang digunakan oleh Windows 10 serta Xbox One. Faktanya, Flutter Gallery versi eksperimental berbasis UWP kini tersedia di Windows Store, lengkap dengan dukungan untuk Xbox One.

sumber :
https://9to5google.com/2020/09/23/flutter-sdk-windows-alpha/
https://medium.com/flutter/announcing-flutter-windows-alpha-33982cd0f433

Default image
Omadi Jaya
Fullstack developer, Software Engineer @ Depok, Indonesia

Leave a Reply